Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Komunitas Motor Jupiter MX di Bekasi
The Practice of Pancasila Values in the Jupiter MX Motorcycle Community in Bekasi
Abstract
Merek tidak hanya dibangun oleh produsen, tetapi juga dibangun oleh konsumen melalui komunitas yang dibentuk oleh konsumen agar mereka dapat saling berbagi keakraban, berbagi masalah yang berhubungan dengan produk, dan memiliki rasa senasib sepenanggungan diantara pengguna merek yang sama. Komunitas pemilik sepeda motor Jupiter MX adalah salah satu komunitas otomotif yang menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pemahaman nilai-nilai Pancasila pada para bikers yang tergabung di dalam komunitas sepeda motor Jupiter MX di Bekasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang mendeskripsikan pengamalan nilai-nilai Pancasila para bikers dalam komunitas sepeda motor Jupiter MX di Bekasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada skala interval 1 - 5 kepada 50 orang anggota komunitas, dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data penelitian dilakukan dengan analisis descriptive statistics dan analisis crosstabs. Haisl penelitian membuktikan bahwa pengamalan nilai-nilai Pancasila oleh para bikers yang tergabung di dalam komunitas sepeda motor Jupiter MX di Bekasi sudah baik, dimana rata-rata untuk sila 1 adalah 4,83; sila ke 2 adalah 4,54; sila ke 3 adalah 4,52; sila ke 4 adalah 4,55; sila ke 5 adalah 4,63. Oleh karena itu, disarankan kepada para bikers yang tergabung di dalam komunitas sepeda motor Jupiter MX di Bekasi untuk mempertahankan aktivitas-aktivitas yang sesuai dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan beragama, berbangsa, bermasyarakat, dan berkomunitas.
Brands are not only built by producers, but also built by consumers through communities formed by consumers so that they can share familiarity with each other, share product-related problems, and have a sense of sharing the same fate among users of the same brand. The Jupiter MX motorcycle owner community is one of the automotive communities that apply Pancasila values in their daily activities. This study aims to prove and analyze the understanding of Pancasila values among bikers who are members of the Jupiter MX motorcycle community in Bekasi. The research method used in this study is a quantitative study that describes the practice of Pancasila values by bikers in the Jupiter MX motorcycle community in Bekasi. Data was collected by distributing questionnaires on an interval scale of 1 - 5 to 50 community members, using purposive sampling method. Analysis of research data was carried out by descriptive statistics analysis and crosstabs analysis. The results of the research prove that the practice of Pancasila values by bikers who are members of the Jupiter MX motorcycle community in Bekasi is good, where the average for Sila 1 is 4.83; Sila 2 is 4.54; Sila 3 is 4.52; Sila 4 is 4.55; Sila 5 is 4.63. Therefore, it is recommended for bikers who are members of the Jupiter MX motorcycle community in Bekasi to maintain activities that are in accordance with the practice of Pancasila values in religious, national, social and community life.
References
https://www.jpnn.com/news/mpr-hidupkan-nilai-pancasila-lewat-riding-kebangsaan-dengan-komunitas-bikers dengan judul "MPR Hidupkan Nilai Pancasila Lewat Riding Kebangsaan dengan Komunitas Bikers"
https://www.kemhan.go.id/renhan/2014/11/20/45-butir-pedoman-penghayatan-dan-pengamalan-pancasila.html dengan judul 45 butir Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
Ichsan, M., 2015, “Modal Sosial di Dalam Mempertahankan Komunitas (Studi tentang Komunitas Motor Vespa Uvorable Di Pekanbaru), JOM FISIP Vol. 2 No. 2 Oktober 2015.
Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2019). Penelitian : Metode dan Analisis (H. Mulyanto & A. Wulandari (eds.); 4th Editio). CV. Agung Semarang.