Implementasi Nilai Pancasila Dalam Pendidikan
Implementation of Pancasila Values in Education
Abstract
Pendidikan merupakan aspek penting yang berkontribusi dalam meningkatkan kualitas bangsa dan negara. Kualitas pendidikan salah satu penentu dalam hal pengembangan peningkatan Sumber Daya Manusia yang mana menjadi titik tumpu penilaian maju tidaknya suatu bangsa. Indonesia sebagai bangsa yang besar dan memiliki nilai-nilai budaya dalam idelogi Pancasila sangatlah penting membangun pendidikan beradasarkan nilai-nilai pancasila, sehingga pembangunan dibidang pendidikan dapat membentuk manusia yang berkarakter, berkualitas dan dijiwai oleh nilai-nilai pancasila. Sistem Pendidikan dalam metode belajar mengajar harus didasarkan dengan nilai-nilai Pancasila agar teratur dan tearah prosesnya sehingga mewujudkan tujuan Pendidikan yang sebenarnya. Jika Pendidikan di Indonesia berkualitas maka sangat bermanfaat bagi sumber daya manusia.
Education is an important aspect that contributes to improving the quality of the nation and state. The quality of education is one of the determinants in terms of developing human resource improvement, which becomes the fulcrum for assessing whether it is progressive or not, it is very important to build education based on Pancasila values, so that development in the field of education can form human character, quality and imbued with Pancasila values. The education system in the teaching and learning method must be based on the values of Pancasila so that the process is organized and in line so as to realize the true goals of education. If quality education in Indonesia is very beneficial for human resources.
References
Al Inu, An Nisaa'an Najm; Dewi, Dinie Anggraeni. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah dan di Masyarakat. Jurnal Kewarganegaraan Vol. 5 No. 1.
Asmaroini, Ambiro Puji. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4.2 (2016), 440.
Hidayat, Nur. (2015). Peran Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Global. ElTarbawi, 8.2 (2015), 131–45.
Judiani, Sri. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16.9.
Khosiah, Nur. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas-Probolinggo. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 6, No. 1, Maret 2020.
Maemunah. (2018). Kebijakan Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala, September, 1–9.
Mufaizin. (2018). Metode Pendidikan Islam Perspektif Hadits. Edupedia 3.1: 55-66.
Wahyono, Imron. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sdn 1 Sekarsuli the Implementation of Pancasila ’ S Values in Learning Activities in Sdn 1.