Jual Beli Thrift Online Pada Pada Kalangan Anak Muda Dalam Perspektif Islam
Abstract
Semakin populernya belanja dan penjualan online baik barang baru maupun bekas, seperti pakaian bekas (thrifts) yang banyak diminati oleh masyarakat umum baik tua maupun muda, kelas menengah dan atas menjadi pendorong penelitian ini. Tujuan temuan ini ialah untuk mengetahui apakah pertumbuhan jual beli barang bekas online di kalangan generasi muda sejalan dengan prinsip jual beli Islami. Metodologi penelitian kualitatif deskriptif digunakan, dan melibatkan pencarian referensi dalam tinjauan literatur (buku, temuan penelitian yang diterbitkan). Temuan penelitian ini memperjelas bahwa, dari sudut pandang Islam, jual beli barang bekas secara online dapat diterima selama tidak mencakup barang-barang yang bertentangan dengan hukum Islam terkait jual beli, serta meningkatnya permintaan barang bekas online di kalangan generasi muda. terhadap tren sosial dan ekonomi.
References
Ahmad, W. M. (2010). Fiqh muamalat (Cet.1). Amzah.
Ainulyaqin, M. H., Sakum, S., & Edy, S. (2023). Peran Program Pemerintah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pada Masa Pandemi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 3643-3650.
Ainulyaqin, M. H., Saiban, K., & Munir, M. (2023). Praktek Gadai Sawah di Kabupaten Bekasi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 8(01), 51-60.
Al-Qardhawi, Y. (2004). Peran, nilai dan moral dalam perekonomian Islam. Robbani Press.
Annisa, T. (2023). Investasi Aset Digital Non-Fungible Token (Nft) Dalam Perspektif Mashlahah Mursalah (Studi Kasus Kolektor NFT pada Komunitas IDNFT) (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto).
Apriliani, I. N., Salsabila, N., & Wijaya, P. R. (2023). Problematika Implementasi Khiyar Dalam Jual Beli Online. Shar-E : Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 9(1), 33–42. https://doi.org/10.37567/shar-e.v9i1.1539
As-Sabatin, Y. (2014). Bisnis Islami dan kritik atas praktik bisnis alas kapitalis. Al-Azhar Press.
Azhar, B. A. (2000). Asas-asas hukum muamalat (hukum perdata Islam). UII Press.
Basaribu, C., & Suhrawardi, K. L. (1996). Hukum perjanjian dalam Islam. Sinar Grafika.
Bhinadi, A. (2018). Muamalah syar’iyyah hidup barokah. Depublish.
Buang, A. H. (1998). Studies in the Islamic law of contracts: The prohibition of gharar. International Law Book Service.
Fadillah, A., Midisen, K., & Ainulyaqin, M. H. (2024). Analisis Kebijakan Program Rumah Gratis Siap Huni pada Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia dalam Perspektif Ekonomi Islam. Economic Reviews Journal, 3(1), 437-451.
Hamidah, S., Midisen, K., Ainulyaqin, M. H., Mamun, S., & Achmad, Y. (2024). Analisis Dana Talangan Pendidikan dalam Perspektif Ekonomi Islam: Studi Kasus Dana Cita Universitas Pelita Bangsa. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(7), 5576-5589.
Hasibuan, J., Edy, S., & Ainulyaqin, M. H. (2024). Analisis Praktik Giveaway Dalam Jual Beli Online pada Perspektif Ekonomi Syariah: Studi pada Oflaila_Busana. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 737-748.
Jawad, M. M. (2011). Fiqih lima mazhab: Ja’fari, Hanafi, Maliki, Syafi’i, Hambali, Terjemahan Masykur A.B. dkk. Lentera.
Karim, A. A. (2004). Bank Islam analisis fiqh dan keuangan. Raja Grafindo Persada.
Laghmara, H., Boudali, M.-T., Laurain, T., Ledy, J., Orjuela, R., Lauffenburger, J.-P., & Basset, M. (2019). Obstacle Avoidance, Path Planning and Control for Autonomous Vehicles. 2019 IEEE Intelligent Vehicles Symposium (IV), 529–534. https://doi.org/10.1109/IVS.2019.8814173
Lestari, F. A., & Asmarani, R. (2021). Thrifting Culture during the Covid-19 Pandemic and Its Impact on the Environment. E3S Web of Conferences, 317, 01006. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202131701006
Mardani. (2015). Hukum sistem ekonomi Islam. PT. Raja Grafindo Persada.
Marwiyah, S. L., Ainulyaqin, M. H., & Edy, S. (2023). Analisis pengaruh perilaku konsumtif dan tingkat pendapatan terhadap online shopping pada e-commerce Shopee dalam perspektif ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4279-4294.
Mursal, & Suhadi. (2015). Implementasi prinsip Islam dalam aktivitas ekonomi: Alternatif mewujudkan keseimbangan hidup. Jurnal Penelitian, 9(1).
Nurhasanah, P., Achmad, Y., Ainulyaqin, M. H., & Edy, S. (2023). Efektivitas Penerapan UU. No. 13 Tahun 2011 pada Penanganan Fakir Miskin Dalam Perspektif Ekonomi Islam di Dinas Sosial Kabupaten Bekasi. Jurnal ilmiah ekonomi islam, 9(3), 4589-4605.
Qiromah, U., Edy, S., & Ainulyaqin, M. H. (2024). Analisis Strategi Marketing Mix pada Esteh Indonesia dalam Perspektif Ekonomi Islam. Economic Reviews Journal, 3(1), 312-329.
Rahman, A. G. (2010). Fiqih muamalat. Prenada Media Group.
Rahmawati, D., Riyanto, G., Mulyana, D., Viendyasari, M., & Anindhita, W. (2023). Architecture of Populism: Online Media and the Rise of Popular Common Politicians in Indonesian Political Landscape. ICVEAST, 44. https://doi.org/10.3390/proceedings2022083044
Rasyid, S. (1954). Fiqih Islam. Attahiriyah.
Ridwan, H., Abubakar, A., Sadiq Sabri, M., Arafah, Muh., & Ali, R. (2023). Konsep Jual Beli Online Dalam Al-Qur’an. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 8(1), 23–42. https://doi.org/10.47435/adz-dzahab.v8i1.1783
Rivai, V., & Bukhari, A. (2009). Islamic economic. Bumi Aksara.
Rozalinda. (2014). Ekonomi Islam teori dan aplikasinya pada aktivitas ekonomi. PT. Raja Grafindo Persada.
Samad, M. (2016). Etika bisnis syariah: Berbisnis sesuai dengan moral Islam. Penerbit Sunrise.
Shobirin, S. (2016). Jual Beli Dalam Pandangan Islam. Bisnis : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(2), 239. https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i2.1494
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D . Alfabeta.
Suhendi, H. (2007). Fiqh Muamalah. Raja Grafindo Persada.
Syaltut, M. (1990). Tafsir al-qur’an al-karim. Jilid III, Terjemahan A. Dahlan, dkk. CV. Diponegoro.
Tilawati, A. (2020). Jual Beli Online Perspektif Maqasid Tafsir Jasser Auda. Al-Fath, 14(1), 25. https://doi.org/10.32678/alfath.v14i1.1316
Ulum, M. (2020). Penerapan Prinsip-Prinsip Jual Beli Online dalam Islam :studi kasus pada situs E-Commerce Islam di Indonesia. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 17(1).
Zurohman, A. (2019). Jual Beli Online dalam Perspektif Islam. Rahayu, Eka, 5(1).