Pengaruh Automatic Teller Machine (ATM), Mobile Banking, Keamanan, dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Automatic Teller Machine, Mobile Banking, Keamanan, kepercayaan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia. Objek penelitian dari penelitian ini adalah seluruh masyarakat pengguna bank syariah indonesia di kota Yogyakarta. Lokasi penelitian ini tepatnya berada di kota Yogyakarta. Sampel 100 responden nasabah Bank Syariah Indonesia dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan pengolahan data menggunakan SPSS versi 22. Hasil menunjukkan bahwa hasil uji variabel Automatic Teller Machine, Mobile Banking, Keamanan, kepercayaan terhadap loyalitas nasabah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F (80,861) > nilai distribusi tabel F (2,47). Hal ini dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan dapat ditarik kesimpulan bahwa Automatic Teller Machine, Mobile Banking, Keamanan, kepercayaan berpengaruh signifikan dan positif secara simultan terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan layanan Bank Syariah Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Mobile Banking, Keamanan, kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitas nasabah bank syariah indonesia, sedangkan Automatic Teller Machine menunjukan tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitas nasabah bank syariah indonesia. Secara simultan variabel Automatic Teller Machine, Mobile Banking, Keamanan, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan bank syariah indonesia di kota Yogyakarta.
References
Achmad, L. I., Ainulyaqin, M. H., & Edy, S. (2024). Analisis Pengaruh Bagi Hasil, Inflasi, Nilai Tukar, dan Bi-Rate Terhadap Dana Pihak Ketiga pada Bank Bjb Syariah. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(5), 4911-4928.
Ainulyaqin, M. H., Rakhmat, A. S., Achmad, L. I., Yudianto, A., & Badriyah, S. (2024). Penerapan UU No. 8 Tahun 2016 Tentang Disabilitas Pada Pelayanan Perbankan Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(2), 1422-1436.
Ainulyaqin, M. H., Rakhmat, A. S., Achmad, L. I., & Fahamsyah, M. H. (2024). Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Pembiayaan Mitra Emas iB Maslahah: Antara Physical Evidence, Promise, dan Customer Centric. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 389-400.
Ainulyaqin, M. H., Achmad, L. I., Mamun, S., & Anggadita, I. (2024). Minat Pedagang Muslim Menabung Di Perbankan Syariah: Seberapa Besar Pengaruh Pengetahun dan Budaya Kerja?. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 490-497.
Ainulyaqin, M. H., Rakhmat, A. S., Edy, S., & Maharani, S. (2023). Analisis Dana Pihak Ketiga (DPK), Risiko Dan Fee Based Income (FBI) Terhadap Pembiayaan Bagi Hasil Pada Bank Umum Syariah. Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 8(1), 196-207.
Aksa, R. (2020). Pengaruh Tignkat Keamanan, Kemudahan, dan Kepercayaan Menggunakan Fasiltas Mobile Banking Pada Bank Syariah Indonesia Cabang Palopo Ratulangi.
Arnita, N., Yarmunida, M., & Sumarni, Y. (2023). Pengaruh Self Service Technology (Sst) Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Layanan Digital (Study Kasus Bank Syariah Indonesia). Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 6(1), 72–80. https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(1).12784
Bernadinus Pramudita. (22 C.E.). Optimalkan Mobile Banking Untuk Penuhi Ekspektasi Milenial dan Gen Z. Https://Mitracomm.Com/, 3.
Binekasri, R. (2023). Perkuat Keamanan Digital, BSI Gandakan Capex IT jadi Rp580 M. CNBC Indonesia.
Fahamsyah, M. H., & Hamdan'Ainulyaqin, M. (2023). A Bibliometric Analysis of Profit Loss Sharing (PLS) in Islamic Banking Research Using Vosviewer Application. Perisai: Islamic Banking and Finance Journal, 7(1), 126-142.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handinisari, H., Muhlisin, S., & Yono, Y. (2022). Pengaruh Keamanan, Kemudahan dan Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Indonesia Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Layanan Mobile Banking. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(3), 818–828. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i3.2076
Husna, N. (2019). pengaruh ATM terhadap keputusan nasabah pada bank syariah mandiri.pdf.
Istina, S., Adha, M. A., & Riduwan, R. (2024). Moderating Role of Religiosity on Islamic Financial Inclusion & Literacy on the Decision to Save at Islamic Banks. AL-AMWAL: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 16(1), 51–65. https://doi.org/10.70095/amwal.v
Jalal, A., & Rokan, M. K. (2022). Implementasi Strategi Pemasaran Bank Syariah Indonesia KCP Medan Pulo Brayan Dalam Peningkatan Pembiayaan Usaha Mikro. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(2), 96–111.
Junaedi, A. T. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keadilan dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah bank Syariah (Studi pada Nasabah Bank Syariah di Propinsi Riau). In Jurnal Aplikasi Manajemen (Vol. 10, Issue 1, pp. 161–176).
Kartono, K., Trihantana, R., & Kusumaningrum, R. (2022). Preferensi Masyarakat Kecamatan Pamijahan Dalam Pemanfaatan Self-Service Technologies Dibank Syariah. Sahid Banking Journal, 1(01), 28–44. https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v1i01.18
Khoirun Nisa, A. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan, Dan Kemudahan Penggunaan E-Banking Terhadap Minat Bertransaksi Ulang Secara Online Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BNI Syariah KC Tanjungkarang).
Kontan.co.id. (2024). Transaksi Digital Banking BSI Naik 45,02% per Juni 2024. Https://Keuangan.Kontan.Co.Id/News/Transaksi-Digital-Banking-Bsi-Naik-4502-per-Juni-2024.
Kusuma, noviana landy. (2019). pengaruh keamanan, kepuasan, kemudahan dan kepercayaan terhadap loyalitas pengguna mobile banking banki BNI Syariah. 1–133.
Ledesman, M. (2018). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, dan Penggunaan terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking (Studi Pada BSM Cabang Bandar Jaya). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1–112.
Lubis, A., Effendi, I., & Rosalina, D. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Medan. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(4), 896–902. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i4.1600
Muzdalipah, & Mahmudi. (2023). Digitalisasi Perbankan Syariah : Penggunaan Bsi Mobile Di Era Generasi Milenial Di Kota Yogyakarta. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 12(1), 12. https://doi.org/10.35906/equili.v12i1.1241
Nadia, H. (2022). Analisis Tingkat Literasi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Mobile Banking (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry). Skripsi, 33, 1–12.
Nirwana, B. E. (2021). Pengaruh Tingkat Kepercayaan, Keamanan, Kemudahan Dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking Bank NTB Syariah Untuk Pembayaran Online Shop. In Tesis Program Studi Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Mataram (Issue 1).
Nurhaya, L. I. A., Ainulyaqin, M. H., & Edy, S. (2024). Analisis Pengaruh Bagi Hasil, Inflasi, Nilai Tukar, dan Bi-Rate Terhadap Dana Pihak Ketiga pada Bank Bjb Syariah. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6 (5), 4911–.
Nurzaqiah, N., Ainulyaqin, M. H., Achmad, L. I., & Edy, S. (2024). Analisis Manajemen Risiko Keamanan Self-Service Technology Perbankan Syariah. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(7), 3564-3578.
Putri, D., Ningrum, S., & Robekha, J. (2023). Analisa Yuridis Dalam Kasus Kejahatan Siber Terhadap Internet Banking di Indonesia. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(4), 765–776.
Ramayani, Kismawadi, E. R., & Chalil, R. D. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Manfaat Dan Kemudahan Terhadap Penggunaan Mobile Banking. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 93–108. https://doi.org/10.32505/jim.v2i2.2638
Rizkina, E., Adha, M. A., & Wijaya, A. P. (2024). Effects Of Brand Image, Rate of Profit-Sharing Ratio, Contract Application, And Trust On The Customers’ Decision To Save At Islamic Banks. JIMEBIS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 34–42.
Sakum, S., Ainulyaqin, M. H., Achmad, L. I., & Mamun, S. (2024). Strategi Pemasaran Batara Haji Dan Umrah iB Bank Tabungan Negara Syariah Ditinjau Dengan Analisis SOAR. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(2), 2002-2009.
Salam, A., & Habibah, M. (2021). Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Nasabah dengan Keputusan Menjadi Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi pada BPD Jateng Syariah, BRI Syariah dan Bank Muamalat) di Kota Semarang. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 9(1), 33. https://doi.org/10.21043/bisnis.v9i1.11461
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Tamaruddin, Firdaus, A., & Endri. (2020). Customer Satisfaction Mediates the Effect of Self Service Technology on Customer Loyalty in of Islamic Bank E-Banking Services in Indonesia. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 5(2), 1–15.
Tambunan, N., Fitri Wulandari, A., Pangesti, A. N., Anggraini, A., Tunnaja, S., Dewi Gita, A., & Rusmarhadi, I. (2023). Berita Utama Tentang Error Service Di Bank Syariah Indonesia (Bsi). Community Development Journal, 4(2), 5096–5098.
Wicaksono, B. S. (2019). Pengaruh Self-Service Technology Terhadap Kepercayaan, Kepuasan Nasabah , Dan Loyalitas Nasabah (Survei Pada Nasabah Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk . Kantor Cabang Malang Kawi Kanwil Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 25(2), 1–10.
Yola, L. F. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Brand Image Dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di BSI Kota Tangerang.