Transformasi Perilaku Konsumen Muslim Berbelanja Di Pasar Modern Dan Pasar Online

  • Helda Nusrida UIN IMAM BONJOL PADANG
  • Muchlis Bahar UIN IMAM BONJOL PADANG
  • Duhriah UIN IMAM BONJOL PADANG
  • M. Niko Andeska UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Transformasi; Perilaku Konsumen Muslim; Pasar Modern; Pasar Online

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana transformasi perilaku konsumen berbelanja di pasar modern dan pasar online. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian menggunakan field research (penelitian lapangan). Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang sebanyak 30 orang. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dam penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Transformasi perilaku konsumen muslim berbelanja di pasar online dan pasar modern. 1)Konsumen muslim berbelanja di pasar modern dan pasar online pada tahap pengenalan masalah tidak mengalami perubahan yang signifikan. 2)Transformasi perilaku konsumen muslim saat mencari informasi diperoleh secara lebih detail melalui internet seperti; media sosial, web browser, konten digital, youtube, maupun platform belanja online. 3)Transformasi perilaku konsumen muslim saat melakukan evaluasi alternatif terdapat pada kesadaran atas aturanaturan syari’ah dengan mempertimbangkan kehalalan produk, rasional dengan mempertimbangkan mashlahah dan nilai guna, dan tidak bolehnya perilaku idzraf dan tabzir. 4)Transformasi perilaku konsumen muslim saat melakukan keputusan pembelian terdapat pada saat melakukan pembayaran pada pasar modern dengan menggunkan dompet digital. 5)Transformasi perilaku konsumen muslim pada tahap pasca pembelian terdapat pada kemudahan konsumen melakukan review.

References

Adhari, I. Z., Sukartono, T., Naafisah, & Bayanullah. (2021). Kumpulan Teori Pemikiran Ekonomi Syari’ah. Widina Bhakti Persada.

Adnyawati, N. D. M. S., Marsiti, C. I. R., Widiartini, K., & Angendari, M. D. (2017). Perilaku Konsumen. PT RajaGrafindo Persada.

Ainulyaqin, M. H., & Edy, S. (2024). Dampak Fenomena E-Commerce Pada Tingkat Penjualan Di Pasar Tradisional Ditinjau Dari Psikologi Dan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 270-284.

Angela, V., & Paramita, E. L. (2020). Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(2), 248–262. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i2.132

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jejak Publisher.

Anggraini, M. (2022). Pengaruh Influencer, Follower Instagram dan Youtuber Dalam Jual Beli Baju Bekas Branded. Journal.Iainlangsa.Ac.Id, 2, 187–205. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/muamalat/article/download/5239/2402

Anwar, A. F., Parakkasi, I., & Rusydi, B. U. (2018). Tinjauan Sosiologi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Masyarakat Kota Makassar Pada Pasar Virtual. AL-FALAH : Journal of Islamic Economics, 3(1), 93. https://doi.org/10.29240/jie.v3i1.346

Asmarina, N. L. P. G. maharupa, Yasa, N. N. K., & Ekawati, N. W. (2022). Pengaruh Perceived of Use dan Perceifed Usefulness terhadap Niat Beli Kembali. Pascal Books.

Ayunda, A., Mutmainah, L., & Huda, N. (2019). Analisis Terhadap Perilaku Konsumen Produk Fashion Muslim. JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics), 3(2), 243–270. https://doi.org/10.33476/jeba.v3i2.962

Bayu, D. (2022). Laporan Survey Belanja Online 2022. Dataindonesia.Id.

Camelia, I., Achmad, L. I., Ainulyaqin, M. H., & Edy, S. (2024). Analisis Peran Sertifikasi Halal Pada Bisnis UMKM Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(2), 1474-1484.

Destarini, F., & Prambudi, B. (2020). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen 212 Mart Condet Batu Ampar. Jurnal Ekobis: Ekonomi Dan Manajemen, 10, 58–66.

Dewi, M. R., Setyaningrum, I., Ariani, M., Pramana, B. B. A., & Theterissa, L. (2022). Transformasi Perilaku Konsumen Di Era Digital: Studi Dan Implikasi UMKM Sambal Dede Satoe. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas SAM Ratulangi, 10(3), 1789–1795.

Fadillah, M. N., & Subchan, M. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Penggunaan Marketplace Di Indonesia. Jurnal Mitra Manajemen, 12(1), 123–129.

Falahiyah, K., & Hariyanto, S. (2022). Perubahan Perilaku Konsumsi Masyarakat Kota Gresik Dari Pasar Modern Ke Online Shop Dimasa Pandemi Covid-19. DIALEKTIKA: Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 7(2), 126–139. https://doi.org/10.36636/dialektika.v7i2.1007

Fitria, A. R., & Cahyani, R. (2008). Pemasaran Dasar, Edisi 16. Salemba Empat.

Gilad, G. (n.d.). Pengantar Ekonomi Mikro. Gilad James Mystery Scool. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Ekonomi_Mikro/bzbAEAAAQBAJ?hl=ban&gbpv=1&dq=preferensi+konsumen&pg=PT18&printsec=frontcover

Hakim, L. (2017). Distorsi Pasar Dalam Pandangan Ekonomi Islam. Ekomadania, 1(1), 1–15.

Hasibuan, J., Edy, S., & Ainulyaqin, M. H. (2024). Analisis Praktik Giveaway Dalam Jual Beli Online pada Perspektif Ekonomi Syariah: Studi pada Oflaila_Busana. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 737-748.

Heryana, N., Fuad, M., Nugraheni, T., Darnilawati, & Rachmawati, M. (2023). UMKM Dalam Digitalisasi Nasional. Yayasan Cendekia Mulia Mandiri.

Holiah, R., & Zakiah, N. (2022). Analisis Perilaku Masyarakat Terhadap Sektor Kuliner Di Era Adaptasi Baru Pasca Pandemi Covid-19. 2(5), 163–170.

Indranata, C. J. (2022). Perilaku Konsumen Islam Modern Perspektif Konsumsi dalam Islam. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 22(01), 59–81. https://doi.org/10.32939/islamika.v22i01.1094

Keloay, F. C., Pangemanan, S. P., Pandey, J., Sikap, P., Dalam, K., Pembelian, K., Green, N. I. U., Dan, T. E. A., Dan, K., Bri, B., & Branch, K. (2022). Perbedaan Sikap Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Niu Green Tea Dan Teh Botol Sosro (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNSRAT). 10(1), 1004–1013.

Mafra, N. U. (2017). Ecoment Global. Pengaruh Kompensasi Dan Beban Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan Di Departemen Operasi PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang, 2(2), 9–21.

Maulana, D., Ainulyaqin, M. H., Achmad, L. I., Misiden, K., & Mamun, S. (2024). Praktik Pemasaran TikTok Shop Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(2), 1410-1421.

Maulidya, R. N., Kosim, A. M., & Devi, A. (2019). The Influence of Islamic Business Ethics and Service Quality on Satisfaction and Loyalty of Sharia Hotel Customers in Bogor. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 11(2), 226. https://doi.org/10.24235/amwal.v11i2.5340

Nofri, O., & Hafifah, A. (2018). Online Shopping Di Kota Makassar. Manajemen, Ide, Inspirasi, 5(1), 113–132.

Noor, Z. Z. (2021). Buku Referensi Strategi Pemasaran 5.0. Depublish.

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Pontorondo, M. M. (2017). Perubahan Perilaku Berbelanja Dari Pasar Tradisional Ke Pasar Modern Di Kota Manado Dipandang Dari Aspek Sosiologi. Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah, 14(2), 14–39. https://doi.org/10.30984/as.v14i2.371

Pribadi, Tuwu, D., & Tanzil. (2018). Sosiologi Pasar (Sebuah Telaah Kritis Atas Keberadaan Ruang Sosial Ekonomi Perbelanjaan Di Kota Kendari. Literacy Institute.

Putri, F., & Achsania Hendratmi. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Content Marketing terhadap Purchase Intention Fashion Muslim. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 9(5), 672–680. https://doi.org/10.20473/vol9iss20225pp672-680

Putri, M. N., Mutia, A., & Siregar, E. S. (2023). Pengaruh Label Halal, Brand Image dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim di Restoran Ichiban Jamtos Jambi. Journal of Student …. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jsr/article/view/1808

Ramadhi, Sirojudin, H. A., Maradidya, A., & Septiani, S. (2023). Ekonomi Digital (Transformasi Bisnis Dalam Era Digital). PT Sada Kurnia Pustaka.

Rohim, A. N., & Priyatno, P. D. (2021). Pola Konsumsi dalam Implementasi Gaya Hidup Halal. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 4(2), 26–35. https://doi.org/10.31949/maro.v4i2.1302

Sabdono, E. (2019). Transformasi Pikiran. Rehobot Literatur.

Setiawan, Z., Nurapriyanti, T., Hapsari, I., Ibrahim, H., Nurchayati, & Jumiati, E. (2023). Perilaku Konsumen (Panduan Praktis Untuk Pemasaran Yang Sukses). PT Soonpedia Publishing Indonesia.

Sugiarti, Andalas, E. F., & Setiawan, A. (2020). Desain Penelitian Kualitatif Sastra. Universitas Muhammadiyah Malang.

Sumarni, T., Wahyuningsih, S., Mufaro’ah, Dewi, I., & Roinah. (2022). Straegi Peningkatan Ekonomi Dengan Memanfaatkan Marketplace Melalui Internet (Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sungai Alam Kecamatan Bengkalis). CV. DOTPLUS Publisher.

Supartimi, N. (2022). Tradisi Sungkeman dan Shopaholic. 2P Publisher.

Taqwa, Y. S. S., & Mukhlis, I. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Pada Generasi Z. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 11(07), 831. https://doi.org/10.24843/eeb.2022.v11.i07.p08

Toruan, R. L. (2009). Antisipasi Krisis Global Bisnis Fast Food Ala Indonesia. PT Elex Media Komputindo.

Trianah, L., Pranitasari, D., & Marichs, S. Z. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan D’Besto Mangun Jaya 2 Tambun Selatan). 26(01), 105–122.

www.cnbcindonesia.com. (2023). Warga RI Habiskan Rp 851 T Buat Belanja Online, Beli Apa Aja? Www.Cnbcindonesia.Com. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230215145223-37-414052/warga-ri-habiskan-rp-851-t-buat-belanja-online-beli-apa-aja

Yunita, N. R., Sumarsono, H., & Farida, U. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online di Buka Lapak (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo). ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 90. https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.243

Published
2024-10-30
How to Cite
Helda Nusrida, Muchlis Bahar, Duhriah, & M. Niko Andeska. (2024). Transformasi Perilaku Konsumen Muslim Berbelanja Di Pasar Modern Dan Pasar Online. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 9(02), 369-387. https://doi.org/10.37366/jespb.v9i02.1844
Abstract viewed = 361 times
PDF downloaded = 195 times