Pergeseran Tren You Life Only Once ke You Need Only One (Pola Konsumsi Gen Z Perspektif Ekonomi Syariah)

  • Mutmainnah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Abdul Wadud Nafis UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Wiwik Nur Cahyani UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Mahfiyah Universitas Islam Jember
  • Afifatul Aliya UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Keywords: YOLO; YONO; Lifestyle; Consumption; Islamic Principles

Abstract

This study aims to examine changes in consumption behavior, analyze the influence of a hedonistic lifestyle, and review findings from an Islamic economic perspective. A descriptive quantitative approach was employed, with data collected through an online questionnaire completed by 186 Generation Z respondents in Jember Regency. The t-test results indicate that the YONO trend has a significantly positive impact on awareness of essential consumption, whereas YOLO has a significantly negative impact on awareness of essential consumption. The F-test results show that both YONO and YOLO have a significant positive influence on awareness of essential consumption. These findings suggest a shift from a consumerist culture toward a more prudent and efficient consumption pattern that prioritizes essential needs, aligning with the principles of consumption in Islam among Generation Z in Jember Regency.

References

Agustin, D., Nersiwad, N., & Verlandes, Y. (2023). Pengaruh Love Of Money Dan Dender Terhadap Pengelolaan Keuanagan Pribadi Pada Generasi Z Di Kota Mojokerto. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 1(4), 57–67. https://doi.org/10.55606/jumia.v1i4.1980

Aini, I., Akmal Tarigan, A., & Ari Enghariano SYAHADA Padangsidimpuan, D. (2024). PRINSIP KONSUMSI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM: TELAAH TAFSIR QURAN SURAT AL-ISRA’. Jurnal Hukum Ekonomi, 10(1).

Ainulyaqin, M. H., Rakhmat, A. S., Achmad, L. I., & Fahamsyah, M. H. (2024). Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Pembiayaan Mitra Emas iB Maslahah: Antara Physical Evidence, Promise, dan Customer Centric. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 389-400.

Ainulyaqin, M. H., Achmad, L. I., Mamun, S., & Anggadita, I. (2024). Minat Pedagang Muslim Menabung Di Perbankan Syariah: Seberapa Besar Pengaruh Pengetahun dan Budaya Kerja?. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 490-497.

Akbar, R. P., & Armansyah, R. F. (2023). PERILAKU KEUANGAN GENERASI Z BERDASARKAN LITERASI KEUANGAN, EFIKASI DIRI, DAN GENDER. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 2(2). https://doi.org/10.24034/jimbis.v2i2.5836

Alianti, D., Risdy Absari Indah Pratiwi, & Roni Kurniawan. (2021). Pengaruh Literasi Dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Pada Generasi Milenial Di Kota Tanjungpinang Dengan Love Of Money Sebagai Variabel Intervening. Student Online Journal, 2(2).

Anggraini, T. R. (2022). PENGARUH GAYA HIDUP DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK EMINA (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2018-2019 Universitas Mulawarman). CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(2). https://doi.org/10.25273/capital.v5i2.12020

Arnould, E., Press, M., Salminen, E., & Tillotson, J. S. (2019). Consumer culture theory: Development, critique, application and prospects. In Foundations and Trends in Accounting (Vol. 12, Issue 2). https://doi.org/10.1561/1700000052

Cahyani, M. (2023). P2P Lending Terhadap Pengelolaan Finansial Generasi Milenial dan Generasi Z.

Chanda, V., Assa, V., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2024). GAYA HIDUP MINIMALIS: MENGURANGI BARANG, MENAMBAH KEBAHAGIAAN.

Gushevinalti, G. (2010). Telaah Kritis Perspektif Jean Baudrilard Pada Perilaku Hedonisme Remaja. Idea, 4(15).

Hasanah, N. (2024). Frugal Living : Perspektif Generasi Z Melalui Pendekatan Kualitatif. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1).

Inayati, N. D. I., Jamilah, I., & Sujianto, A. E. (2024). Penerapan Konsep Frugal Living dalam Perencanaan Keuangan Pribadi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 2264–2278.

Khairat, M., Yusri, N. A., & Yuliana, S. (2019). HUBUNGAN GAYA HIDUP HEDONIS DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWI. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 9(2). https://doi.org/10.15548/alqalb.v9i2.861

Kurniawan. (2025). 2025: Era YOLO Mulai Memudar, Berganti dengan Era YONO. https://momsmoney.kontan.co.id/news/2025-era-yolo-mulai-memudar-berganti-dengan-era-yono

Kusumaningtyas, A., & Rahmandani, A. (2023). HUBUNGAN ANTARA SELF-DISCLOSURE DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA PRODI D3 KEPERAWATAN POLTEKKES SEMARANG. Jurnal EMPATI, 12(4). https://doi.org/10.14710/empati.2023.28298

Laili. (2022). Analisis Faktor Yang Memengaruhi Perencanaan Keuangan Pribadi Mahasiswa. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2).

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2. https://doi.org/10.29210/3003210000

Mahfiyah, & Muthmainnah, M. (2023). Pengaruh Kemudahan, Manfaat Dan Pengetahuan Terhadap Minat Penggunaan E-Commerce Pada Generasi Z. Tasharruf : Journal of Islamic Economics and Business, 4(1). https://doi.org/10.55757/tasharruf.v4i1.221

Maisyarah, A., & Nurwahidin, N. (2022). PANDANGAN ISLAM TENTANG GAYA HIDUP FRUGAL LIVING (ANALISIS TERHADAP AYAT DAN HADITS). Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.31000/jkip.v4i2.7221

Marwiyah, S. L., Ainulyaqin, M. H., & Edy, S. (2023). Analisis pengaruh perilaku konsumtif dan tingkat pendapatan terhadap online shopping pada e-commerce Shopee dalam perspektif ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4279-4294.

Mogilner, C., & Bhattacharjee, A. (2014). Happiness from Ordinary and Extraordinary Experiences. Journal of Consumer Research, 41, 1–17. https://doi.org/10.1086/674724

Mutmainnah, M., Fahimatussyam, A., & Rakhman Wijaya, A. (2023). FENOMENA FLEXING DALAM EKONOMI ISLAM. Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, Dan Bisnis, 5(1). https://doi.org/10.69503/econetica.v5i1.360

Norfai. (2020). Manajemen Data Menggunakan SPSS. Universitas Islam Kalimantan, Juli.

Nurvitria, A. L. (2015). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan 2013 FIP UNY. E- Journal Bimbingan Dan Konseling, 11.

Octisa, M., Ainulyaqin, M. H., Achmad, L. I., & Edy, S. (2024). Peningkatan Minat Masyarakat Dalam Berinvestasi Sukuk Di Indonesia: Suatu Tinjauan Fenomenologi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(2), 1316-1325.

Putra, P. D., Harahap, K., & Rahmah, S. S. (2020). THE HEDONISM LIFESTYLE, FINANCIAL LITERACY AND FINANCIAL MANAGEMENT AMONG BUSINESS EDUCATION STUDENTS TO FINANCIAL MANAGEMENT. Journal of Community Research and Service, 4(1). https://doi.org/10.24114/jcrs.v4i1.18287

Ramadani, D. M., & Rakhmah, S. (2020). Pemikiran Yusuf Al-Qardhawi mengenai Etika Ekonomi Islam. Jurnal Dirasat, 15(1).

Rozalinda. (2014). Rozalinda, Ekonomi Islam: Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2014). Jurnal Paradigma, 4(1).

Sabrina, H., Tarigan, E. D. S., Nasution, A. M. U., & Parulian, T. (2022). PENGARUH GAYA HIDUP DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN DI KOTA MEDAN. Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan), 5(1). https://doi.org/10.33395/juripol.v5i1.11311

Sarmila, L., Achmad, L. I., Ainulyaqin, M. H., & Mamun, S. (2024). Determin Minat Beli Ulang Mie Gacoan Bekasi dengan Labelisasi Halal Sebagai Variabel Moderasi. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(7), 3606-3623.

Siswandi. (2013). Konsep Yusuf Al-Qaradhawi Tentang Norma Dan Etika Konsumsi Menurut Pandangan Ekonomi Islam. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Sitorus, S. A. (2025). Perubahan gaya hidup: Dari YOLO ke YONO, pilihan hidup yang lebih baik. https://www.antaranews.com/berita/4583710/perubahan-gaya-hidup-dari-yolo-ke-yono-pilihan-hidup-yang-lebih-baik

Suseno, F. M. (1997). 13 Tokoh Etika: Sejak Zaman Yunani Sampai Abad Ke-19. Kanisius.

Theodora, A. (2024). Manufaktur dan Konsumsi Lesu, Pertumbuhan Ekonomi 2024 Sulit Capai Target. https://www.kompas.id/artikel/manufaktur-dan-konsumsi-lesu-pertumbuhan-ekonomi-2024-sulit-capai-target

Widyar, V. R., Ainulyaqin, M. H., Ahmad, Y., & Edy, S. (2024). Analisis Penggunaan Instagram dan Fintech Crowdfunding Terhadap Minat Membayar Zakat dengan Transparansi Badan Amil Zakat Sebagai Variabel Intervening. Economic Reviews Journal, 3(1), 330-348.

Wening, S. (2014). Waspada Konsumerisme. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Wijoyo, H., Indrawan, I., Cahyono, Y., & Handokp. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0 Penulis. In Pena Persada Redaksi (Issue July).

Published
2025-04-21
How to Cite
Mutmainnah, Nafis, A. W., Cahyani, W. N., Mahfiyah, & Aliya, A. (2025). Pergeseran Tren You Life Only Once ke You Need Only One (Pola Konsumsi Gen Z Perspektif Ekonomi Syariah). Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 10(01), 107 - 121. https://doi.org/10.37366/jespb.v10i01.2357
Abstract viewed = 393 times
PDF downloaded = 342 times