Produk Tabungan Emas Pegadaian Syariah Sebagai Alternatif Investasi Halal
Abstract
This study aims to examine the Pegadaian Syariah Gold Savings product as a halal investment alternative for Muslims in Indonesia. The background of this study is the increasing public interest in gold investment and the need for sharia-compliant financial instruments. Using a qualitative approach with descriptive methods, this study relies on secondary data from literature, journals, and official sources from Pegadaian Syariah. The study results indicate that Pegadaian Syariah Gold Savings offers various advantages such as guaranteed halal transactions, potential long-term profits, high accessibility, security and transparency, and protection against inflation. This product not only meets investment needs but also supports financial management in accordance with Islamic values. With a sale and purchase agreement (murabahah) and custody mechanism, as well as supervision by the DSN-MUI, Pegadaian Syariah Gold Savings is a halal, inclusive, and sustainable investment solution.
References
Al-Ghazali, A. H. M. (1997). Ihya’ Ulum Al-Din. Dar Al-Maktabah Al-‘Asriyah.
Adinata, W., Rusylda, E., Saraswati, H., & Hidayat, W. (2023). Pengaruh Penggunaan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Terhadap Kepuasan Nasabah. Business: Scientific Journal Of Business And Entrepreneurship, 1(2),.
Afriani, L., Hafizah, & Purwanto, M. (2024). Hukum Pembayaran QRIS (Quick Response Code) Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Perspektif Agama Dan Identitas, 9(6),.
Agustina, K. E., & Musmini, L. S. (2022). Pengaruh pengetahuan, kemudahan penggunaan, dan kredibilitas terhadap minat penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) (Studi pada Generasi Z di Provinsi Bali). Vokasi: Jurnal Riset Akuntansi, 11(2). https://doi.org/10.23887/vjra.v11i02.49376
Agustino. (2021). Pengaruh Promosi, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengguna E-Wallet Di Koa Banjarmasin. Kindai, 17(3),. https://doi.org/10.35972/kindai.v17i3.
Alam, T. A. S. (2023). Pengaruh Penggunaan & Pemanfaatan Sistem Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) Terhadap Pengembangan Umkm Di Kota Banda Aceh. Sustainability (Switzerland), 11(1).
Amalia, B., & Santoso, R. P. (2022). Pengaruh uang elektronik terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia tahun 2011-2020. Jurnal kebijakan ekonomi dan keuangan. 1(2) https://doi.org/10.20885/jkek.vol1.iss2.art11
Amalia, T., Lisnawati, S., & Muhlisin, H. S. (2024). Pengaruh Halal Lifestyle , Korean Wave dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Korea. 2(1),
Anggraini, M. S., & Anggraeni, E. (2024). Pengaruh Persepsi Kepercayaan dan Persepsi Keamanan Terhadap Pelaku Usaha Pada Penggunaan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Digital Dalam Persepektif Bisnis Syariah (Studi Pada UMKM di Bandar Lampung ). 3(3),.
Chapra, M. U. (1992). Islam and the Economic Challenge. Leicester, UK: The Islamic Foundation
Damopolii, A. A., Mandey, S. L., & Soepeno, D. (2025). Pengaruh gaya hidup, perilaku konsumtif, pengalaman pelanggan terhadap keputusan pembelian online di Shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen UNSRAT. Jurnal EMBA, 13(1).
Dayan, M. T. (2020). Pengaruh Persepsi Konsumen, Gaya Hidup dan Kepercayaan terhadap Penggunaan Aplikasi Pembayaran Digital. Jurnal Transaksi, 12(1),.
Erwan, E. S., & Edi Setiawan. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana Pada Mahasiswa Di Kota Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dirgantara, 16(1),. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.822
Farisi, J., Subaida, I., & Minullah, M. (2024). Pengaruh Kepercayaan (Trust), Belanja Online Dan Gaya Hidup Terhadap Kepuasan Konsumen Yang Berdampak Pada Loyalitas Pengguna Platform E-Commerce Shopee Pada Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 3(4), 686. https://doi.org/10.36841/jme.v3i4.
Ghozali, I. (2021b). Partial Least Squares Konsep, Teknik, Dan Aplikasi Program Smartpls 3.2.9 (PLS-SEM) (Edisi 3). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, A., Fatikasari, A. F., & Putri, S. A. (2023). The effect of using cashless (QRIS) on daily payment transactions using the Technology Acceptance Model. Procedia Computer Science, 227,. https://doi.org/10.1016/j.procs.2023.10.557
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R: A Workbook. Cham: Springer.
Haryanti, P. (2023). Hubungan Penggunaan QRIS Dengan Pengembangan Ekonomi. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. DOI: 10.24034/jimbis.v3i1.6170
Jamiah, N., Purwanto, H., & Asmike, M. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada E-Wallet GoPay Di Kota Madiun). Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi.
Judijanto, L., Destiana, R., Sudarmanto, E., Suprapti, I. A. P., & Harsono, I. (2024). Analisis Pengaruh Adopsi Teknologi Finansial, Kepercayaan Nasabah, dan Regulasi Terhadap Penggunaan Layanan Keuangan Digital. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan West Science, 3(01),. https://doi.org/10.58812/jakws.v3i01.906
Lestari, L. D., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Fenomena Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) Pada E-Commerce Shopee Melalui Diskon Dan Kemudahan Bertransaksi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1),. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.
Liantifa, M., & Siswadhi, F. (2022). Gaya hidup digital pemoderasi persepsi dan sikap terhadap keputusan menggunakan lebih dari 1 (satu) telepon genggam. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan,. 4(8).
Lisdayanti, A., & Padmanegara, O. H. (2024). Peran teknologi blockchain dalam meningkatkan kepercayaan konsumen dan keamanan data privasi pada platform e-commerce di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 5(2), https://doi.org/10.51805/jmbk.v5i2.245
Manihuruk, B. K. (2023). Analisis Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada PT Shopee Indonesia. Journal Business and Management,. 1(1),.
Manurung, C. M., Sipahutar, J. N., Charolin, A., Saputra, Z. E., Hayim, H., William, J., Ps, I. V, Baru, K., Percut, K., & Tuan, S. (2024). Efektivitas Program Q-RIS (Quick Response Code Indonesian Standard) Oleh Bank Indonesia Dalam Meningkatkan Transaksi Non-Tunai. GLORY: Global Leadership Organizational Research in Management, 2(3), https://doi.org/10.59841/glory.v2i3.1310
Mursidah, I., & Fartini, A. (2023). Strategi mengembangkan gaya hidup halal di Banten: Pengembangan industri produk halal dan kesadaran bersyariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1).
Nurfitriani, N., Yusran, N., & Rendi, R. (2022). Pengaruh Manfaat, Kemudahan dan Tingkat Kepercayaan Manihuruk, B. K. (2023). Analisis Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada PT Shopee Indonesia. Journal Business and Management,. 1(1),.
Oktaviani, L., Asmin, E. A., & Andari, T. T. (2024). Jurnal Inovasi dan Manajemen Bisnis. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Bisnis, 6(2),.
Pertiwi, K, T., Purwanto, E., (2021). Analysis Of Adopting Millennial Generation Financial Technology (Fintech) Services. Http://Doi.Org/10.35409/IJBMER.2021.3257,. 4(03),.
Pura, M. P., & Madiawati, P. N. (2021). Pengaruh Promotion Mix Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Dengan Perilaku Konsumen Sebagai Variabel Intervening.(Journal of Economic, Management and Accounting), 4(2),. https://doi.org/10.35914/jemma.v4i2.
Putri, A. R., Cahyani, A. R., Halimatussadiya, N., Haslinda, N., Hestyanti, S., Feeri, A., & Fisman, T. (2024). Pengaruh Digital Payment Terhadap Kemudahan Bertransaksi Masyarakat Kota Parepare stabilitas sistem keuangan . Awalnya , sistem pembayaran ini menggunakan diterbitkan bank dalam M-Banking dan E-wallet. https://doi.org/10.35905/moneta.v3i1.11544
Putri, M. T., Hatta, A. J., & Indraswono, C. (2023). Analisis Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Gaya Hidup, Literasi Keuangan, Dan Risiko Terhadap Penggunaan Qris Sebagai Alat Pembayaran Digital Pada Mahasiswa Di Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(3),. https://doi.org/10.53916/jeb.v17i3.
Rahman, A. F. S. K. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan QRIS Sebagai Metode Pembayaran Pada Masa Pandemi (Studi Pada Mahasiwa Uin Raden Mas Said Surakarta).
Ramadhan, D., Asri, H. R., Gisijanto, H. A., Hartanti, N. D., & Setyarini, E. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Digital Terhadap Keputusan Penggunaan QRIS pada Generasi Muda. Revenue: Lentera Bisnis Manajemen,. 1(04),. https://doi.org/10.59422/lbm.v1i04.168
Rohmaniyah, F. A., Asiyah, S., & Rachmat, A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, e-WOM, Dan Cashless Society Terhadap Keputusan Dalam Penggunaan Sistem Pembayaran QRIS (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Angkatan 2019 Universitas Islam Malang). Riset Manajemen, 12(02),.
Rosuli, F. A., Wahyudin, Rambe, Y. F., & Batubara, M. (2024). Menganalisis Pengaruh Kebijakan Moneter Terhadap Penggunaan Layanan Keuangan Digital Di Indonesia. Jurnal Studi Multidisipliner, 8(7).
Rosyada, M. (2024). Pengaruh gaya hidup, kemudahan dan kepercayaan terhadap perilaku konsumtif generasi Z Muslim pengguna SPay Later. Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(3),
Saputri, Y. W., Rhodinia, S., & Setiawan, B. (2024). Dampak Globalisasi Terhadap Perubahan Gaya Hidup di Indonesia. Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya Dan Pendidikan, 1(5),.
Sari, W. P. L., Trisnaningsih, S., Vendy, V. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Gaya Hidup, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan QRIS Pada Mahasiswa Akuntansi Upn “Veteran” Jawa Timur. 08(02),.
Sarker, B. K., Sarker, D. K., Shaha, S. R., Saha, D., & Sarker, S. (2024). Understanding behavioral intentions: How customers decide to adopt internet banking in Bangladesh. Annals of Management and Organization Research, 6(2),. https://doi.org/10.35912/amor.v6i2.2402
Sarstedt, M., Hair, J. F., Pick, M., Liengaard, B. D., Radomir, L., & Ringle, C. M. (2022). Progress in partial least squares structural equation modeling use in marketing research in the last decade. Psychology & Marketing, 39(5), https://doi.org/10.1002/mar
Savitri, M., Mahardini, S., & Kurniawan, L. (2025) Pengaruh Program Cashback, Diskon, Dan Metode Pembayaran Terhadap Minat Beli Konsumen Kopi Unclebrew. Doi : 10.37817/Ikraith-Ekonomika. 8(1).
Siregar, R., Aini, I., & Sagita, N. (2024). Pengaruh Trend Halal Lifestyle dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Belanja Mahasiswa. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 13(3). http://dx.doi.org/10.34308/eqien.v13i03
Sondern, D., & Hertel, G. (2024). Revisiting the classic ABI model of trustworthiness: Interactive effects of trustworthiness components on trust in mixed-motive social exchange contexts. Journal of Trust Research, 14(2). https://doi.org/10.1080/21515581.2024.2388659
Sopingi, I., Haryanti, P., & Santoso, R. P. (2024). Green Product : Snack Food Non-Plastic Sebagai Mediasi Minat Beli Gen Z. 9(1). https://doi.org/10.29408/jpek.v8i2.25664
Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Penerbit Alfabeta.
Sunart, D. Arum. (2024). Pengaruh metode pembayaran QRIS terhadap keputusan pembelian pada UMKM. 2(2),.
Syahrina, A., & Christiana, I. (2023). Efek Mediasi Kepercayaan Pada Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan e-Money Pendahuluan Financial technology (fintech) merupakan Berdasarkan data Bank Indonesai jumlah. 12(2), https://doi.org/10.32502/jimn.v12i2.6041
Taymiyyah, I. (2021). Prinsip Ekonomi Islam: Keadilan, Keterbukaan, dan Tanggung Jawab. Yogyakarta: Gema Ilmu
Tuarita, D. I., Binastuti, S., & Fuad, M. (2023). Pengaruh Keamanan, Kemudahan Dan Manfaat TerhadapMinat Penggunaan E-Wallet Dana Dengan KepercayaanSebagai Variabel Intervening. Ug Jurnal, 17(06),.
Widiastuti, T., Mawardi, I., Samer Ali, A. S., Atiya, N., Rani, L. N., Robani, A. B., & Al Mustofa, M. U. (2024). Determinant factors for online cash waqf intention among Muslim millennial generation. Journal of Islamic Marketing. https://doi.org/10.1108/JIMA-12-2023-0408.







